Binti Nurul Qomariyah

Not Just Knowledge But Its My Experience

SEJARAH WINDOWS

TUGAS 2

 

SEJARAH SISTEM OPERASI WINDOWS

MATKUL JARINGAN INFORMASI DIGITAL

DIBIMBING OLEH : MOH. SAFII, S.Kom

 

Oleh KELOMPOK 2 :

1.  ANDIKA SEPTYAWAN

2.  BINTI NURUL QOMARIYAH

3.  ERWIN SEPTI

4.  FREDERICHA ALEXANDRA

5.  MITHA OKTAVIANA DAVID

 

 

WINDOWS

 

                   Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga dari system computer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface), sejak tahun 1980an Microsoft Corporation di Bellevue, Washington yang dikepalai oleh William Bill Gates yang kini bergelar orang terkaya di dunia mengembangkan OS dengan nama MS-DOS (Micro-Soft-Disk Operating System). MS-DOS masih berbasis command-line (modus teks). Sistem operasi Windows ini pun berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line kearah OS GUI. Sejak ia diperkenalkan, Windows kini mempunyai beberapa macam versi

 

 

 

WINDOWS 1.0

Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama “Windows” akan lebih “memikat” konsumen. Windows 1.0 hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis.

Windows 1.0 memiliki menu drop-down, scroll bar, ikon, dan kotak dialog yang membuat program lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Windows 1.0 memiliki  beberapa program, termasuk MS-DOS manajemen file, Paint, Windows Writer, Notepad, Kalkulator, dan kalender, file kartu, dan jam untuk membantu Anda mengelola kegiatan sehari-hari. Bahkan ada permainan.

Windows 1.0 memerlukan minimal 256 kilobyte (KB), dua floppy drive double-sided disk, dan kartu adapter grafis. Sebuah hard disk dan memori 512 KB direkomendasikan untuk menjalankan beberapa program atau saat menggunakan DOS 3.0 atau lebih tinggi.

 

WINDOWS 2.0-2.11

Dua tahun setelah peluncuran windows 1.0,  tepatnya pada 9 desember 1987 windows versi kedua di luncurkan. Windows 2.0 dapat menjalankan aplikasi secara multitasking serta dapat menjalankan berbagai macam aplikasi seperti grafis, Ms Excel, maupun Ms Word. Sejarah windows pun semakin cerah ketika Aldus Page Marker diluncurkan dalam bentuk Windows, karena sebelumnya  Aldus Page Marker hanya dapat di gunakan atau dijalankan di Manchitos, produk dari Apple.

WINDOWS VERSI 3.0

 

Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis tanggal 22 Mei 1990. Versi ini terdapat peningkatan performa pemrosesan grafik dengan adanya kartu grafis Video Graphics Array (VGA) dan juga modus terproteksi/modus 386 Enhanced.

Windows 3.0 juga hadir dalam versi “multimedia”, yang disebut dengan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0, yang dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini dibundel dengan keberadaan “multimedia upgrade kit”, yang terdiri atas drive CD-ROM dan sebuah sound card, seperti halnya Creative Labs Sound Blaster Pro. Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows setelahnya, seperti halnya Windows 3.1 dan Windows for Workgroups, dan menjadi bagian dari spesifikasi Microsoft Multimedia PC. Windows semakin banyak digunakan di tempat kerja dan rumah dan sekarang terdapat permainan seperti Solitaire, Hearts, dan Minesweeper. Windows for Workgroups 3.11 menambahkan peer-to-peer workgroup dan dukungan domain jaringan.

WINDOWS NT

 

Windows NT rilis pada tanggal 27 Juli 1993. Fitur-fitur jaringan dalam Windows NT menawarkan beberapa pilihan konektivitas jaringan yang luas dan juga tentunya sistem berkas NTFS yang efisien. Windows NT 3.51 merupakan primadona Microsoft saat terjun ke pasar, yang kemudian mengambil alih sebagian besar pasar yang sebelumnya dimiliki oleh Novell Netware.

Salah satu peningkatan terbesar dari Windows NT adalah Application Programming Interface (API) 32-bit yang baru, yang dibuat untuk menggantikan Windows API 16-bit yang sudah lama. API 32-bit ini dinamakan dengan Win32 API, dan dari sanalah Microsoft menyebut API 16-bit yang lama sebagai Win16.

 

WINDOWS 95

 

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft merilis Windows 95. Ini adalah era modem faks, email, dunia online yang baru, dan permainan multimedia mempesona dan perangkat lunak pendidikan. Windows 95 memiliki built-in yang mendukung Internet, jaringan dial-up, dan Plug baru dan kemampuan Play yang membuatnya mudah untuk menginstal hardware dan software. Sistem operasi 32-bit juga menawarkan kemampuan multimedia yang disempurnakan, fitur lebih kuat untuk komputasi mobile dan jaringan terpadu.
Windows 95 memiliki fitur penampilan pertama dari menu Start, taskbar, dan meminimalkan, memaksimalkan, dan tombol close pada setiap jendela. Pada 1995, versi pertama Internet Explorer dirilis. Browser yang sudah bergabung berlomba-lomba untuk ruang di World Wide Web. Pada tahun 1996, Microsoft merilis Flight Simulator untuk Windows 95.

WINDOWS 98

 

Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 adalah versi pertama dari Windows yang dirancang khusus untuk konsumen PC yang berada di tempat kerja dan rumah, kafe, sehingga orang-orang dapat mengakes internet di manapun. Dengan Windows 98, kita dapat menemukan informasi lebih mudah. Perbaikan lainnya mencakup kemampuan untuk membuka dan menutup program lebih cepat, dan dukungan untuk membaca disk DVD dan universal serial bus (USB) perangkat. Penampilan lain adalah Quick Launch bar, yang memungkinkan Anda menjalankan program tanpa harus menelusuri menu Start atau mencari mereka di desktop. Windows 98 adalah versi terakhir yang didasarkan pada MS-DOS.

 

WINDOWS 2000 PROFESSIONAL

 

Lebih dari sekedar upgrade ke Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 Professional dirilis sekitar bulan Februari tahun 2000 dan dirancang untuk menggantikan Windows 95, Windows 98, dan Windows NT Workstation 4.0 pada semua PC dan laptop. Dibangun di atas dasar Windows NT Workstation 4.0. Windows 2000 menambahkan peningkatan besar dalam keandalan, kemudahan penggunaan, kompatibilitas Internet, dan dukungan untuk komputasi mobile.

Di antara perbaikan lain, Windows 2000 Professional menyederhanakan instalasi hardware dengan menambahkan dukungan untuk berbagai perangkat keras Plug baru dan Play, termasuk produk jaringan dan nirkabel yang canggih, perangkat USB, perangkat IEEE 1394, dan perangkat inframerah.

WINDOWS ME

Windows Me dirilis sekitar bulan September tahun 2000 dan dirancang untuk digunakan di computer rumah. Windows Me menawarkan banyak musik, video, dan perangkat tambahan. Windows Me menyediakan Windows Movie Maker yang dapat digunakan untuk mengedit, menyimpan, dan berbagi video di rumah. Dengan Microsoft Windows Media Player 7 teknologi, kita dapat menemukan, mengatur, dan memutar media digital. Secara teknis, Windows Me merupakan sistem operasi Microsoft terakhir yang harus didasarkan pada basis kode Windows 95. Microsoft mengumumkan bahwa semua produk sistem operasi masa depan akan didasarkan pada Windows NT dan Windows 2000 kernel.

 

WINDOWS XP

 

Pada tanggal 25 Oktober 2001, Windows XP dirilis dengan tampilan desain ulang yang memiliki nama kode “Whistler” selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32 bit yang sudah menua. Windows XP memiliki beberapa edisi selama tahun ini:

  • Windows XP 64-bit Edition (2001)
  • Windows XP Media Center Edition (2002)
  • Windows XP Tablet PC Edition (2002).

WINDOWS SERVER 2003

                   Pada tanggal 24 april 2003, Microsoft meluncurkan windows server 2003 yang menawarkan banyak fitur-fitur keamanan yang baru, pemandu “Manage Your Server wizard” yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya dan juga meningkatkan kinerja. Windows Server 2003 menggunakan kernel Windows NT versi 5.2. Di dalam Windows Server 2003, beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam lingkungan serverdinonaktifkan secara default, terutama “Windows Audio” dan “Themes” demi alasan kestabilan. Windows Server 2003 tersedia dalam lima buah edisi:

  • Windows Server 2003, Web Edition
  • Windows Server 2003, Standard Edition
  • Windows Server 2003, Enterprise Edition (32-bit dan 64-bit)
  • Windows Server 2003, Datacenter Edition
  • Windows Server 2003, Small Business Server

WINDOWS XP PROFESSIONAL X64 EDITION

Windows XP Professional x64 Edition merupakan versi Windows XP yang dirilis pada 25 April 2005 dan dikhususkan untuk prosesor dengan arsitektur x86-64. Saat ini, prosesor yang menggunakan arsitektur tersebut terbatas pada prosesor AMD dengan arsitektur AMD64 seperti Athlon 64 dan Opteron. Dari keluarga Intel ada Intel Pentium 4 dengan ekstensi EM64T (Extended Memory 64-bit Technology), dan beberapa seri dari Intel Pentium M dan D, serta beberapa varian dari keluarga Intel Core. Perbedaan dengan Windows XP Professional yang diluncurkan sebelumnya adalah pada dukungannnya terhadap akses memori lebih besar daripada 4 Gigabytes seperti pada Windows XP sebelumnya. Sebenarnya, prosesor 64-bit dari Intel maupun AMD dapat mengakses 16 Eksabyte memori, tetapi Microsoft membatasi kemampuan sistem operasi Windows ini hingga 16 Terabyte saja. Pada dasarnya, sistem operasi ini berbeda dari versi Windows XP yang lainnya, mengingat basis kode yang digunakan adalah Windows Server 2003, Standard Edition for x64, dan mengingat nomor versi yang digunakannya adalah 5.2.3790.

WINDOWS SERVER 2003 R2

Pada 6 desember 2005, Microsoft merilis Windows Server 2003 R2, yang merupakan Windows Server 2003 Service Pack 1 ditambah dengan beberapa paket tambahan. Windows Server 2003 R2 merupakan update dari Windows Server 2003. Windows Server 22003 R2 didistribusikan pada dua CD, dengan satu CD yang Windows Server 2003 SP1 CD dan CD lainnya menambahkan fitur diinstal dengan banyak opsional untuk Windows Server 2003. Update R2 dirilis untuk semua versi x86 dan x64 sedangkan windows Server 2003 R2 Enterprise Edition tidak dirilis untuk Itanium.

WINDOWS FUNDAMENTAL LEGACY PC

 

Juli 2006, Microsoft merilis sebuah versi Windows XP Service Pack 2, yang ditujukan untuk pasar thin-client, yang disebut sebagai Windows Fundamentals for Legacy PCs (WinFLP). Win FLP hanya tersedia bagi para pelanggan Microsoft Software Assurance. Tujuan dibuatnya Win FLP adalah untuk memberikan pilihan upgrade kepada para pelanggannya yang masih menggunakan Windows 95, Windows 98, Windows Me, dan Windows NT Workstation.

WINDOWS HOME SERVER

 

7 januari Microsoft merilis windows home server yang sebelumnya memiliki nama kode Q yakni singkatan dari Quattro, produk server yang diturunkan dari Windows Server 2003, didesain untuk digunakan oleh para konsumen dari pengguna rumahan. Sistem operasi ini diperkenalkan oleh Bill Gates. Windows Home Server dapat dikonfigurasikan dan dipantau dengan menggunakan program console yang dapat diinstalasikan pada sebuah PC klien. Windows ini memiliki fitur Media Sharing, backup terhadap drive local dan drive jarak jauh, dan duplikasi berkas.

WINDOWS VISTA – 2006

30 November 2006 microsoft merilis windows Versi terbaru yang disebut dengan Windows Vista bagi kalangan bisnis. Sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi –versi sebelumnya, yaitu dengan memperkenalkan modus pengguna yang terbatas yang disebut sebagai User Accout Control untuk menggantikan filosofi administrator by default yang diberlakukan pada windows XP.

Windows vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih memikat yang disebut dengan Windows Aero GUI, aplikasi baru seperti Windows calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess Titans, Mahjong dan Purble Place. Selain itu windows vista juga menawarkan versi Microsoft internet explorer yang lebih aman, serta windows media player versi baru (versi 11). Windows vista juga menampilkan grafis antar muka aeronya yang memikat, welcome screen dan menu start.

WINDOWS SERVER 2008

              Pada 27 Februari 2008, versi baru windows server diluncurkan. Windows server ini memiliki nama kode windows server codenamed loghorn. Windows server 2008 dibangun dengan memiliki bermacam-macam keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan denagn windows vista dan ditujukan agar lebih modular secara signifikan dibanding windows server 2003.

WINDOWS 7 – 2009

 

Pada tahun 2000-an, dunia nirkabel telah tiba. Ketika Windows 7 dirilis pada bulan Oktober 2009, laptop mengalahkan PC untuk mendapatkan jaringan nirkabel publik seperti warung kopi. Jaringan nirkabel dapat dibuat di kantor atau di rumah.

Windows 7 memiliki banyak fitur, seperti cara-cara baru untuk bekerja dengan jendela-Snap, Peek, dan Shake. Windows Touch membuat debutnya, memungkinkan Anda untuk menggunakan jari Anda untuk menelusuri web, flip melalui foto, dan membuka file dan folder. Anda bisa streaming musik, video, dan foto dari PC ke stereo atau TV. Windows 7 telah dievaluasi oleh 8 juta penguji beta di seluruh dunia sebelum dirilis.

 

WINDOWS SERVER 2008 R2

Windows Server 2008 R2 yang dirilis pada 22 Oktober 2009 merupakan generasi baru dan perbaikan dari Windows Server 2008. Windows Server 2008 R2 memang tidak terlalu banyak berubah dibandingkan dengan Windows Server 2008, namun perlu dicatat ada beberapa fitur canggih, diantaraya adalah sebagai berikut:

  • Core Services

Windows-on-Windows 64-bit (WOW64) pada Windows Server 2008 R2 secara      default akan terinstall ketika kita melakukan instalasi dengan pilihan Windows Server         2008 R2 Core. Fitur  PXE Provider dapat digunakan untuk boot komputer klien melalui jaringan dengan memanfaatkan Transport Server role service.

  • Networking dan Mobility

Support fitur untuk DirectAccess smart card yang dapat digunakan untuk interaktif login dan menghilangkan DirectAccess Wizard.  Adanya perbaikan fitur ini dapat digunakan untuk membantu troubleshooting entry point pada control panel.

  • Security

Microsoft memperbaiki fitur Windows PowerShell cmdlets yang memungkinkan kita menambahkan sekumpulan rule sehingga memudahkan dalam pengaturas akses Windows PowerShell..

  • Server Management

Port yang digunakan pada protocol HTTP/HTTPS dari Windows Remote Management (WinRM) dan Windows PowerShell remoting menjadi 5985/5986 dengan tujuan untuk keamanan data transfer. Sedangkan pada Server Migration tool cmdlets mendukung untuk migrasi dengan skenario, migrasi konfigurasi IPv6 dan migrasi fitur BranchCache.

WINDOWS HOME SERVER 2011

Tanggal 29 maret 2011, perusahaan Microsoft mengumumkan bahwa Windows Home Server 2011 dengan kode Vail siap dirilis. Menurut Microsoft berbagai OEM (Original Equipment Manufacturers) serta System Builders sudah mulai membangun form factor yang spesifik dan solusi berdasar Windows Home Server 2011.

Berbeda dari versi pertama Windows Home Server, Microsoft mengembangkan Windows Home Server 2011 sejalan dengan platform server seperti Windows Small Business 2011 Essentials.Windows Home Server 2011 tidak memerlukan Drive Extender.

Windows Home Server 2011 didesain berdasarkan pada Windows Server 2008 R2. Beberapa fitur terbaru ditambahkan pada Windows Home server 2011, antara lain :

  • Kemampuan untuk menggunakan best-of-breed 64-bit
  • Standard Development Kit (SDK) dengan software penyebaran client untuk mempermudah kustomasi dan penyebaran
  • DLNA 1,5 untuk memastikan semua hardware bekerja dengan jaringan berbasis Windows Server

WINDOWS THIN PC

Windows Thin PC adalah sebuah Sistem Operasi terbaru dari Microsoft yang boleh dibilang juga merupakan versi terbaru dari Windows 7 yang dirancang khusus untuk pengguna Virtual Desktop Infrastructure (VDI). Dengan menggunakan desain User Interface Windows 7, Windows Thin PC dibuat untuk mendukung PC sebagai Thin Client. Tidak seperti versi sebelumnya, PC yang terinstall WinTPC (Windows Thin PC) tidak perlu lagi memerlukan lisensi VDA untuk mengakses desktop VDI.

Microsoft tidak akan mengenakan biaya kepada pelanggan yang ingin menggunakan Windows Thin PC. Sebaliknya, Microsoft akan menawarkan WinTPC sebagai bagian dari penawaran Microsoft Software Assurance kepada pelanggannya. Windows Thin PC mencakup beberapa fitur berikut:

  1. Dukungan RemoteFX, yang memungkinkan pengguna memiliki pengalaman merasakan komputer local layaknya komputer virtual.
  2. Write Filters yang meningkatkan keamanan dengan mencegah setiap penulis ke dek.
  3. Adanya Fitur BitLocker dan AppLocker yang membantu memperkuat perangkat untuk perusahaan.
  4. FEP support, yang memungkinkan untuk menggunakan seperangkat alat perlindungan malware untuk desktop Anda dan Thin Clients.

WINDOWS 8BETA

 

              Meskipun Windows 7 telah dilakukan dengan sangat baik sejak rilis, Microsoft telah terus-menerus bekerja untuk membuat versi berikutnya Windows yang lebih baik dengan lebih meningkatkan atas fitur yang ada, dan telah menambahkan fitur baru yang mengesankan bersama dengan UI yang menakjubkan. Berikut adalah persyaratan sistem berikut minimum untuk menjalankan Windows 8:

  • Processor: prosesor 32-bit atau 64-bit 1GHz atau lebih cepat
  • RAM: 1GB (32-bit) atau 2GB (64-bit)
  • HD Space: 16GB untuk 32-bit (atau 20GB untuk 64-bit)

Microsoft merilis versi awal Windows 8 pada prototipe tablet sekitar bulan juli 2011. Saat ini kita dapat men-download Pratinjau Pengembang, yang saat ini dalam pra-versi beta. Versi pengembang menunjukkan dari tahap saat OS. Disediakan untuk download gratis, dan tersedia dalam tiga paket berbeda:

  • 64-bit – Hanya OS
  • 32-bit – Hanya OS
  • 64-bit dengan alat pengembang

Windows 8 menawarkan sejumlah fitur baru ke Windows App Store dan fitur keamanan improvisasi. Berikut adalah daftar fitur baru dan perbaikan yang akan datang:

  • Dukungan untuk PC x86 dan ARM tablet
  • Windows To Go
  • Windows store
  • Windows 8 User Interface
  • Peningkatan Windows Defender
  • Internet Explorer 10

WINDOWS SERVER 8 (WINDOWS SERVER 2012)

Microsoft menyatakan 300 fitur baru untuk perbaikan pada Windows Server 8. Pada Lokakarya Windows Server di Redmond, Washington, Microsoft meluncurkan versi terbaru dari Windows Server, saat ini disebut sebagai Windows Server 8, meskipun mungkin akan memiliki nama baru ketika rilis sekitar bulan juli 2012. Windows Server 8 adalah salah satu server terbesar Microsoft yang akan dirilis dan dihasilkan, yang memiliki banyak perangkat tambahan. Meskipun demikian, inilah 10 fitur utama yang menonjol dari Windows Server 8.

  • Multiserver yang mendukung Server Manager
  • Server Core
  • Ubiquitos PowerShell management
  • Built-in NIC teaming
  • SMB 2.2
  • Data Deduplication
  • Expanded cluster scalability
  • Multiple concurrent Live Migrations
  • Storage Live Migration
  • Live Migration without shared storage

 

DAFTAR RUJUKAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 29, 2012 by in Jaringan Informasi Digital and tagged , .

beecalender

Januari 2012
S S R K J S M
    Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

beetwitt

%d blogger menyukai ini: