Binti Nurul Qomariyah

Not Just Knowledge But Its My Experience

Definisi Pendidikan dan Pembelajaran

 A. DEFINISI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

Beberapa Definisi Pendidikan

  1. PENDIDIKAN adalah hasil peradaban suatu bangsa yang dikembangkan atas dasar pandangan hidup bangsa itu yang diwariskan turun temurun kepada generasi  berikutnya.
  2. PENDIDIKAN menurut LANGEVELD adalah ….pemberian bimbingan dan pertolongan rohani dari orang dewasa kepada mereka yang masih memerlukannya.
  3. PENDIDIKAN menurut CROW dan CROW adalah proses pengalaman yang memeberikan pengertian, pandangan ( insight) dan penyesuaian bagi seseorang yang menyebabkan ia berkembang.
  4. PENDIDIKAN menurut JOHN DEWEY adalah suatu proses pengalaman dan proses yang membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia.
  5. PENDIDIKAN menurut KI HAJAR DEWANTARA adalah daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti ( kekuatan batin, karakter, pikiran, intelek) dari tubuh anak untuk memajukan kehidupan anak didik selaras dengan dunianya.

 

Menurut saya, pendidikan adalah proses pembekalan diri pada manusia yang dapat memberikan sebuah pengalaman untuk memajukan kehidupannya sehingga peserta didik dapat berkembang sesuai perkembangan zaman.

 

Beberapa Definisi Pembelajaran

  1. PEMBELAJARAN menurut KNOWLES adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan.
  2. PEMBELAJARAN menurut SLAVIN didefinisikan sebagai perubahan tingakah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
  3. PEMBELAJARAN menurut CROW dan CROW adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
  4. PEMBELAJARAN menurut RAHIL MAHYUDDIN adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
  5. PEMBELAJARAN menurut ACHJAR CHALIL adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

 

Menurut saya, pembelajaraan adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik pada lingkungan belajar untuk mencapai tujuan guna mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan.

 

B.  PENGERTIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

 

Pengertian Teknologi Pendidikan

  1. Definisi AECT 1977

Suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur-prosedur, gagasan-gagasan, alat-alat, dan organisasi untuk menganalisis masalah-masalah dan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengatur/ mengelola cara-cara pemecahan masalah tersebut yang terlibat di dalam semua aspek belajar pada manusias.

  1. Definisi AECT 1972

Teknologi pendidikan adalah suatu bidang yang berkepentingan dengan memfasilitasi       belajar pada manusia melalui usaha sistematik dalam identifikasi, pengembangan,           pengorganisasian, dan pemanfaatan berbagai macam sumber belajar serta dengan             pengelolaan atas keseluruhan proses tersebut (AECT , 1972:36).

  1. Sebuah teori tentang bagaimana masalah-masalah dalam belajar ( human learning) diidentifikasi dan diselesaikan.
  2. Sebuah medan ( field) yang terlibat dalam menerapkan proses yang kompleks dan terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah dalam belajar.
  3. Suatu profesi yang terdiri atas usaha yang terorganisasi untuk melaksanakan teori, teknik intelektuala dalam penerapan praktis teknologi pendidikan.
  4. Teknologi pendidikan menurut AECT tahun 2004 adalah teori dan praktek dalam merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola dan mengevaluasi proses dan sumber belajar.

 

Menurut saya, teknologi pendidikan adalah teori dan praktek untuk mengembangkan, menyelesaikan, merancang, memnfaatkan, mengevaluasi tujuan dan proses pendidikan.

Pengertian Teknologi Pembelajaran

1.      Definisi Oleh Komisi Teknologi Pembelajaran 1970

TEKNOLOGI PEMBELAJARAN berarti media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran disamping guru, buku teks dan papan tulis….. bagian yang membentuk teknologi pembelajaran adalah: televisi, film, OHP, komputer dan bagian perangkat keras maupun lunak lainnya….. (serta)

(Teknologi Pembelajaran)….. merupakan usaha sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar dan mengajar untuk suatu tujuan khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan non-manusia agar belajar dapat berlangsung efektif (Commision on Instructional Technology,1970:21).

2.      Definisi Oleh Silber 1970

Teknologi pembelajaran adalah pengembangan (riset, disain, produksi, evaluasi, dukungan-pasokan, pemanfaatan) komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan) serta pengelolaan usaha pengembangan (organisasi dan personil) secara sistematik, dengan tujuan memecahkan masalah belajar (Silber, 1970:21).

 3.      Definisi AECT 1994

Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi  tentang proses dan sumber untuk belajar.” (Seels & Richey, 2000:10).

 

Menurut saya, teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek dalam pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, evaluasi tentang proses dan sumber belajar.

 C.  FUNGSI DAN TUJUAN TEKNOLOGI PMBELAJARAN

Fungsi Teknologi Pembelajaran

  • Memperjelas penyajian materi pelajaran agar tidak terlalu bersifat visual.
  • Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, misal objek yang terlalu besar untuk dibawa ke kelas dapat diganti dengan gambar, slide, dsb., peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat film, video, fota atau film bingkai
  • Meningkatkan kegairahan belajar siswa di kelas sehingga siswa belajar sendiri berdasarkan minat dan kemampuannya dengan nyaman, dan mengatasi sikap pasif siswa
  • Memberikan rangsangan yang sama, dapat menyamakan pengalaman dan persepsi siswa terhadap isi pelajaran.

 

Tujuan Teknologi Pembelajaran

  • Memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
  •  Untuk meningkatkan kinerja
  • Untuk memacu (merangsang) dan memicu (menumbuhkan) belajar.

D.  PERBEDAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

 

  • Teknologi pembelajaran sesuai istilahnya akan terfokus mempelajari berbagai teknik atau cara dan sistem pembelajaran dalam dunia pendidikan.
    Sedangkan Teknologi Pendidikan lebih berfokus pada sistem atau teknologi pendidikan yang ada di berbagai ilmu atau dunia pendidikan.
  • v  Teknologi pembelajaran adalah satu bagian dari teknologi pendidikan, perbedaannya teletak pada konsep bahwa teknologi pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur-prosedur, gagasan-gagasan, alat-alat, dan organisasi untuk menganalisis masalah-masalah dan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengatur/ mengelola cara-cara pemecahan masalah tersebut yang terlibat di dalam semua aspek belajar, sedangkan teknologi pembelajaran adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur-prosedur, gagasan-gagasan, alat-alat, dan organisasi untuk menganalisis masalah-masalah dan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengatur/ mengelola cara-cara penyelesaian terhadap masalah tersebut didalam situasi- situasi dimana belajar merupakan hal yang bertujuan dan terkendali.

E. PRINSIP TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

1. pendekatan sistem (system approach).

Prinsip pendekatan sistem berarti bahwa setiap usaha pemecahan masalah pendidikan yang dilandasi konsep teknologi pembelajaran hendaknya menerapkan prinsip pendekatan sistem. Artinya memandang segala sesuatu sebagai sesuatu yang meneluruh (komprehensif) dengan segala komponen yang saling terintegrasi.

2. berorientasi pada peserta didik (learner centered).

Prinsip berorientasi pada peserta didik, berarti bahwa usaha-usaha pendidikan, pembelajaran dan pelatihan hendaknya memusatkan perhatiannya pada peserta didik.

3. pemanfaatan sumber belajar semaksimal dan sebervariasi mungkin (utilizing learning resources).

Prinsip pemanfaatan sumber belajar semakksimal dan sebervariasi mungkin, berarti peserta didik belajar karena berinteraksi dengan berbagai sumber belajar secara maksimal dan bervariasi.

 

 

 

DAFTAR RUJUKAN

Chaeruman, A. 2008. Kompetensi Sarjana Teknologi Pendidikan. Online (http://www.teknologipendidikan.net/2008/09/15/kompetensi-sarjana-teknologi-pendidikan/) tanggal akses 22 agustus 2011.

Indah. –  . Pengertian Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli. Online (http://carapedia.com/pengertian_definisi_pembelajaran_menurut_para_ahli_info507.html) tanggal akses 21 agustus 2011.

Juliantara, K. 2009. Media Pembelajaran : Arti, Posisi, Fungsi, Klasifikasi, dan Karakteristiknya. Online. ( http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/18/media-pembelajaran-arti-posisi-fungsi-klasifikasi-dan-karakteristiknya/) tanggal akses 22 agustus 2011.

Novrianti. 2009. Pengertian Teknologi Pembelajaran (TP) dan Berbagai Konsep di Bidang TP. Online (http://yudhantaraadri.wordpress.com/2009/12/31/pengertian-teknologi-pembelajaran-tp-dan-berbagai-konsep-di-bidang-tp-oleh-novrianti-m-pd/) tanggal akses 21 agustus 2011.

Soemanto, W. 1982. Dasar dan Teori Tantangan Bagi Para Pemimpin Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, Hal: 9-10

Sulaeman, D. 1988. Teknologi / Metodologi Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan  Tinggi, Hal: 6-7.

Warsito, B. —. Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran serta Perannya dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Online (http://menikah.yolasite.com/resources/artikel%20definisi%20dan%20kawasan%20teknologi-pembelajaran.doc) tanggal akses 21 agustus 2011.

 

Jika ingin mendapatkan dalam bentuk file klik   TUGAS 1 BEE

semoga bermanfaat….

One comment on “Definisi Pendidikan dan Pembelajaran

  1. bintinurulqomariyah
    Februari 3, 2012

    banyak eawh eang suka tulisanq nie, heheheeheh
    chayo.chayo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 22, 2012 by in Pendidikan and tagged , .

beecalender

Januari 2012
S S R K J S M
    Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

beetwitt

%d blogger menyukai ini: