Binti Nurul Qomariyah

Not Just Knowledge But Its My Experience

Perkembangan Internet

Tugas 1. Perkembangan Internet

Oleh:

Binti Nurul Qomariyah. D3 Perpustakaan. (100213306146)

Mata Kuliah Jaringan Informasi Digital

Dosen Pembimbing : Moh. Syafii, S.Kom

Internet merupakan istilah yang saat ini sering sekali kita dengar, tapi apakah kita tahu apa sebenarnya pengertian internet serta sejarah dan perkembangan internet hingga sampai sekarang ini? Sebelum menginjak pada pembahasan tentang internet, hal yang perlu mendapat perhatian khusus adalah perbedaan istilah internet dan web. Mungkin banyak yang meneba bahwa internet itu sama halnya dengan web. Tapi sejatinya internet itu berbeda pengertian dengan web. Internet merupakan sebuah jaringan computer global yang terdiri dari jutaan computer yang saling terhubung dengan menggunakan protocol yang sama untuk berbagi informasi bersama. Jadi dapat disimpulkan bahwa internet merupakan kumpulan atau penggabungan jaringan computer local menjadi jaringan computer global. Sedangkan web adalah sebuah koleksi keterhubungan dokumen-dokumen multimedia yang disimpan di internet dan diakses menggunakan protocol. Setelah memahami perbedaan pengertian diatas maka kian jelas bahwa internet dan web sangatlah berbeda.

 

Adanya internet seperti saat ini bukanlah hal yang muncul secara tiba-tiba. Seperti sebuah  kesuksesan yang harus dimulai dengan proses yang rumit tetapi akan diperoleh hasil yang memuaskan. Demikian pula dengan internet, Internet muncul secara tahap demi tahap sampai seperti saat ini. Awalnya munculnya internet ini dilatar belakangi untuk kepentingan akademik dan militer di amerika saja. Hal ini bermula dari pemerintah federal AS yang menciptakan jaringan sebagai jaringan komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan dari rusia. Pembuatan jaringan ini diprakarsai oleh lembaga yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet) yang pada saat itu mengembangkan empat buah computer yang masing-masing  berada di Standford Research Institute (SRI), Universitas of California of Los Angles (UCLA), Universitas Utah Charley Kline dan Universitas California Santa Barbara (UCSB)

 

 

 

Untuk mengembangkan ini ARPAnet bekerjasama dengan sebuah perusahaan desain computer di Cambridge Massachusett yaitu Bolt Beranek and Newman sekitar tahun 1968. Satu tahun kemudian sekitar tahun 1969 jaringan ini mulai dilaksanakan dengan penggunan bandwith sekitar 50 kbps yang dimiliki oleh ATT (American Telephone and Telegraph). Pada tahun 1971-an ARPAnet mulai mendemonstrasikan hasil kerjanya kepada semua masyarakat. Pada tahun ini ARPAnet merubah namanya menjadi DARPAnet (Defense Advanced Research Project Agency), dengan nama yang baru mereka menciptakan jaringan yang memiliki sekitar 14 nodes. Idenya mereka menginstall sebuah TIP (Terminal Interface Prossecor) di ruang bawah tanah hotel Washington Hilton, dengan demikian masyarakat dapat menggunakan ARPAnet dengan bebas.

Sejak kemunculan ARPAnet yang semakin pada tahun 1971 ARPAnet bertambah menjadi 10 nodes lagi pada tahun 1972. Di tahun ini mereka memfokuskan diri mengembangkan jaringan mereka. Awal dikenalnya tanda @ pada email juga dimulai dari  sini, yakni ketika ray Tomlinson mengirim surat elektronik pada BNN guna untuk mengaktfkan surat elektronik yang akan dikirim melalui ARPAnet. Tomlinson memilih “user@host”, dia memilih tanda ini semaunya sendiri. Tapi tanpa sepengetahuan dia ternyata tanda @ digunakan sebagai karakter perintah surat elektronik pada system lainnya.

Kemudian pada tahun 1983, Robert Khan dan Vinton Cerf menemukan TCP/IP, dengan ditemukannya protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) mulailah dikenal istilah internet. Setelah itu setahun kemudian, pada tahun 1984 Paul Mockapetris mengusulkan system database DNS (Domain Name System) sebagai cara untuk mengidentifikasi badan atau institusi yang mengelola host. Pada saat itu dikeluarkan enam domain utama yaitu edu (education), gov (goverment), mil (military), com (comersial), org (organization), dan net (network). Dua tahun kemudian yakni sekitar tahun 1986 National Science Foundation menciptakan NFSnet yang menghubungkan jaringan-jaringan regional melalui backbone nasional berkecepatan 56 kbps. Selang dua tahun Rober Morris berhasil menciptakan internet worm yakni sejenis program virus yang dapat memperbanyak diri sendiri di internet, sehingga bisa membebani host di internet. Pada tahun itu juga ditemukan Internet Relay Chat (IRC) oleh Jarkko Oikarinen. Web ini baru berjalan lancer pada sekitar bulan maret 1989 saat tim Barners Lee (insinyur software inggris yang bekerja di laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa) menemukan system yang memungkinkan para iluwan di Laboratorium saling berbagi dokumen yang berbeda dalam bentuk hyperlink dan browsable. Hingga pada tahun 1989 jumlah host di internet melebihi 100.000.

Kemudian pada tahun 1991 Paul Lindner dan Mark P. McCahill dari Universitas Minnesota memperkenalkan Gopher. Dengan Gopher pengguna internet dapat melakukan pencarian di internet namun masih berupa format teks. Pada tahun yang sama WWW (World Wide Web) diluncurkan oleh CERN di Jenewa Swiss. Tepat pada tahun itu juga Tim Berner Lee berhasil menciptakan HTML (Hypertext Markup Language) yang menggunakan spesifik URL (Uniform Resources Location) sebagai alamat web. Perkembangan selanjutnya tahun 1993 NSF mendirikan InterNIC yang bertugas menyediakan layanan internet seperti pendaftaran domain (yang dikelola oleh Network Solution Inc.), direktori atau alamat dan servis database (dikelola oleh AT & T). Pada tahun ini juga Marc Andreessen yakni seorang sarjana muda di National Center for Super Computing Applications bekerja sama dengan Eric Bina seorang programmer NCSA merancang browser grafis tingkat tinggi yang keduannya menggabungkan suatu start up yang disebut Netscape. Netscape mulai berjalan pada tahun 1994 dan pada tahun ini kedua perancang Netscape ini mulai menciptakan browser yang lebih baik yang disebut Navigator. Pada tahun 1994 ini juga sebuah situs komersial yang menyediakan mesin pencari atau search engine diluncurkan dan diberi nama Yahoo! (Yet Another Hierarchical Officions Oracle).

Semakin berkembangnya tahun fungsi internet bukan hanya sebagai pertukaran data dalam bentuk teks saja tetap sejak munculnya WWW yang menggantikan FTP, internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Saat ini, internet dapat digunakan melalui telepon dan alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA (Personal Data Assistant) dengan menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol). Menurut situs internet www.internetworldstats.com jumlah pengguna internet di dunia sampai pada tahun 2011 diperkirakan seperti grafik, diagram dan tabel di bawah ini.

pengguna internet di dunia

pengguna internet di dunia

dari grafik-grafik diatas dapat diketahui bahwa pengguna internet tahun 2011 sangat banyak lebih dari 30 % dari total penduduk dunia. sungguh kemajuan yang sangat pesat bagi perkembangan internet. Selain perkembangan jumlah pengguna, di bawah ini terdapat 2 video dari  youtube.com mengenai perkembangan internet. Semoga dengan video ini pengetahuan tentang perkembangan internet semakin jelas dan mudah dipahami.

 

DAFTAR RUJUKAN

Computer History Museum. Exhibits : Internet History. Online (http://www.computerhistory.org/internet_history/index.html) Tanggal 20 Januari 2012

Gromorv, Gregory. – . Roads and Crossroads of the Internet History. Online (http://www.netvalley.com/cgi-bin/intval/net_history.pl?chapter=1) Tanggal 20 Januari 2012

Purnomo, Andi. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 Kelas XI. Yogyakarta : Yudhistira, Hal : 3

Supriyanto, Aji. 2007. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Salemba Infotek, Hal : 336 – 337

Youtube.com

http://internetworldstats.com/stats.htm

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 20, 2012 by in Jaringan Informasi Digital.

beecalender

Januari 2012
S S R K J S M
    Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

beetwitt

%d blogger menyukai ini: